Sunday, February 3, 2013

Tokoh "OPEN SOURCE" beserta kariernya

1.Onno W. Purbo 
[lihat.co.id] - Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962; umur 50 tahun) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Enam tahun kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.

RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian banyak gagasan yang dilontarkan[1]. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. Percaya filosofi copyleft, banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.

Riwayat pendidikan :

Quote:1987 S1 Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Teknik Elektro. Judul skripsi "Perancangan dan implementasi rangkaian RS232C 8 kanal & program untuk praktikum" di bawah bimbingan Prof. DR. Samaun Samadikun[4] dan DR. Adang Suwandi

1989 S2 (M.Eng) McMaster University, Kanada – Semikonduktor Laser. Judul tesis "Numerical models for degenerate and heterostructure semiconductor diodes" di bawah bimbingan Prof. DR. D.T.Cassidy dan Prof. DR. S.H. Chisholm.

1993 S3 (Ph.D) Universitas Waterloo, Kanada – Teknologi Rangkaian Terintegrasi untuk Satelit. Judul tesis "Studies on Polysilicon Emitter Transistors made on Zone-Melting-Recrystallized Silicon-on-Insulator" di bawah bimbingan Prof. DR. C.R. Selvakumar

Penghargaan:
Menerima beberapa penghargaan / pengakuan tingkat nasional dan internasional, seperti:

1987, Lulusan Terbaik, Jurusan Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.
1992, Masuk dalam buku "American Men and Women of Science", R.R.Bowker, New York (Amerika Serikat).
1994, Profil Peneliti, KOMPAS 26 Desember 1994.
1996, Menerima "Adhicipta Rekayasa", dari Persatuan Insinyur Indonesia[7].
1997, Menerima “ASEAN Outstanding Engineering Achievement Award”, dari ASEAN Federation of Engineering Organization (AFEO)
2000, Masuk dalam buku "Indonesia Abad XXI: Di Tengah Kepungan Perubahan Global", Editor Ninok Leksono, KOMPAS.
2000, Award for Indonesian Internet Figure, KADIN Telematika Award.
2002, Eisenhower Fellow, dari Eisenhower Fellowship[8] (Amerika Serikat).
2003, Sabbatical Award, dari International Development Research Center (IDRC[9]) (Kanada).
2005, Ashoka Senior Fellow, dari Ashoka[10] (Amerika Serikat).
2008, Menerima "Gadget Award Exclusive Appreciation", dari Majalah Gadget.
2008, Menerima "IGOS Summit 2 Award", dari MENKOMINFO "Atas Semangat dan Perjuangan menyebarluaskan pemanfaatan Open Source di Indonesia.
2008, Masuk dalam buku "Indonesia 100 Innovators", Business Innovation Center
2008, Menerima Gelar "Pahlawan Generasi Masa Kini" dari Modernisator.
2009, Indigo Fellow: Digital Community Fellow, dari PT. Telekomunikasi Indonesia.
2009, Anugrah "TIRTO ADHI SOERJO" kategori Pelopor / Pemulai, dari [I:BOEKOE]
2009, Anugrah "Competency Award 2009" dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)[
2010, Anugrah "Tasrif Award" dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI)

Karya Distro Linux :

Quote:Distro SchoolOnffLine
Distro SMEOnffLine
Distro ORARINux
Distro SekolahNux
Distro IPTEKNux
Distro indowebster

Buku:

Menulis lebih dari 40 judul buku dengan topik sekitar teknologi Internet, Open Source, Linux, Keamanan Jaringan, Wireless Internet, Internet Telepon (VoIP). Beberapa di antaranya dalam bahasa Inggris dan dapat di download di Internet. Beberapa di antara buku tersebut adalah,

2009, Onno W. Purbo, Protus Tanuhandaru, M. Reza Djajadikara, Nurlina Noertam, " Wireless Networking for Developing World" versi 2, terjemahan.
2010, Amy Kapczynski, Gaëlle Krikorian, Onno Purbo, Jo Walsh, Anil Gupta and Rick Falkvinge, Part Three: The Conceptual Terrain of A2K - Virtual Roundtable on A2K Politics, di buku Access to Knowledge in the Age of Intellectual Property mitpress.mit.edu/catalog/item/default.asp?ttype=2&tid=12358
2011, Onno W. Purbo, "Jaringan Wireless di Dunia Berkembang - Panduan Praktis Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Komunikasi", Penerbit Andi, 2011, ISBN 978-979-29-2420-6
2011, Onno W. Purbo, "Petunjuk Praktis Cloud Computing Menggunakan Open Source", IT CAMP 2011.
2012, Onno W. Purbo, "Membuat sendiri Cloud Computing Server menggunakan Open Source", Penerbit Andi, 2012, ISBN 978-979-29-3180-8


2.Dr. rer. nat. I MADE WIRYANA, SSi,SKom,MSc
Founders of Indonesian Linux Motivator Foundation (Yayasan Penggerak Linux Indonesia)

Current Activity :

Lecturer - Gunadarma University
Coordinator of International Collaboration - Gunadarma University
Technical consultant, 
Official web site of the President of Republic of Indonesia [http://www.presidenri.go.id]
Technical consultant, 
Official web site of vice President of Republic of Indonesia [http://www.wapresri.go.id]
Technical consultant, 
Official Portal of Ministry of Youth and Sport, 
Republic of Indonesia 
[http://www.kemenpora.go.id]
Regular coloumnist in Infolinux and Chip as well as contributor for various magazines.

Research Interest :
Quality of Services
Internet Measurement
Socio-technics approach in ICT Development
Sustainable System Development

I Made Wiryana aka Pak Made

Quote:Setelah melakukan riset panjang selama 10 tahun, akhirnya I Made Wiryana merampungkan disertasinya yang berjudul “A Sustainable Development System Method with Applications” dan mengajukannya dalam sidang terbuka Doktor di Universitas Bielefeld, Jerman (23/7).

Topik yang dikembangkan salah satu tokoh Linux Indonesia ini melibatkan proyek-proyek nyata sesuai dengan setting Indonesia. Risetnya sendiri, papar Made, dimulai dari rasa penarasan yang melibatkan mengapa banyak proyek teknologi informasi dan teknologi (TIK) di Indonesia yang menemui kegagalan. Apakah kegagalan ini disebabkan suatu ketidaktepatan metodologi penelitian termasuk metodologi publikasi yang digunakan, atau suatu ketidaktepatan cara pandang dalam memecahkan masalah sistem di Indonesia, misalnya ketidak tepatan proses peniruan model yang dikembangkan di negara lain, atau juga karena ketidaktepatan dalam melakukan evaluasi baik atau buruknya suatu sistem?

“Pertanyaan-pertanyaan tersebut menghantarkan riset ini untuk mengembangkan pendekatan baru di dalam pengembangan sistem dengan mempertimbangkan sustainabilitas dari sistem, sehingga menelurkan pendekatan Sustainable System Development,” ujar Made.

Studi ini, lanjutnya, bersifat interdisiplin dan juga melibatkan pertimbangan model organisasi dan nilai-nilai lokal, termasuk kultur dan bahasa, misalnya dengan memanfaatkan inspirasi dari model organisasi tradisional Subak dan Dabawalla. Termasuk model interaksi dan komunikasi yang lebih umum digunakan untuk situasi kultur tertentu.

Proyek-proyek yang berkontribusi dalam pengembangan metode ini adalah berbagai proyek penerjemahan (localization), seperti Air Putih di Aceh, Eary Warning Information System dan situs Presiden RI. Riset yang mendapatkan nilai Summa Cumlaude ini diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada Indonesia secara luas, terutama dalam pengembangan bidang TIK di Indonesia. “Tentu saja disertasi ini bukan akhir dari perjalanan, tetapi merupakan awal upaya membuka pendekatan bidang baru yang masih sangat perlu digali lebih lanjut lagi,” kata Made yang setelah ini akan kembali mengabdikan dirinya di tanah air.

I Made Wiryana adalah lulusan Universitas Indonesia Jurusan Fisika sekaligus juga lulus dari Universitas Gunadarma Jurusan Komputer. Dia melanjutkan ke program S2 yang masih berkaitan dengan ilmu komputer di Edith Cowan University, Australia. Tahun 1994, ia berhasil menuntaskan studi beasiswanya tersebut. Kembali ke Indonesia, ia mendesain kurikulum bagi program training Lembaga Pengembangan Komputer (LePKom) dan sempat mengembangkan WinBI, sistem operasi komputer berbahasa Indonesia.

I Made Wiryana juga seorang dosen, narasumber dan penulis bidang TIK. Salah satu bukunya berjudul From German With IT.

Selamat dan sukses Doktor I Made Wiryana!

I Made WiryanaBeliau adalah Cyber Pas­pam­pres, saat ini bertang­gung jawab dalam dis­ain dan pen­gelo­laan tek­nis situs Pres­i­den SBY. (Per­nah digem­pur meng­gu­nakan teknik DDos (Dis­trib­uted Denial of Ser­vice), namun dalam waktu hitun­gan detik back-up server lang­sung up).Beliau juga pelo­por perkem­ban­gan Linux di Indone­sia bersama pak Rus­manto (redak­tur Info Linux).

[lihat.co.id] - Beliau menan­gani per­an­can­gan dan imple­men­tasi jaringan Inter­net di Uni­ver­si­tas Gunadarma den­gan meman­faatkan sis­tem Open Source dari awal­nya. Mewak­ili IPKIN dalam kelom­pok kerja Stan­dard­is­asi Pro­fesi TI untuk Asia Pasi­fik (SEARCC). Aktif men­jadi koor­di­na­tor beber­apa proyek pen­er­jema­han pro­gram Open Source seperti KDE, SuSE, Abi­word dan juga seba­gai advi­sor pada Trustix Merdeka, dis­tibusi Linux Indone­sia yang per­tama, serta koor­di­na­tor tek­nis WinBI dis­tro berba­hasa Indone­sia yang dispon­sori oleh BPPT. Aktif menulis di detik..com, Sat­unet, KOMPUTEK, MIKRODATA, ELEKTRO, PC Mag­a­zine Indone­sia, BISKOM, KONTAN, Warta eGov dan pengisi kolom tetap dan pendiri INFOLINUX, dan aktif berkon­tribusi melalui TIM PANDU.
Sta­tus peker­jaan­nya adalah Dosen Tetap Uni­ver­si­tas Gunadarma.

3.Rahmat M Samik-Ibrahim
Employee at University of Indonesia
Banten Province, IndonesiaNonprofit Organization Management
Founders of YLPI
Quote:Board of Trustees
Indonesian Linux Activator Foundation (YPLI)

Chairman
VauLSMorg
Quote:
Spoilerfor vlsm.org:
http://rahmatm.samik-ibrahim.vlsm.org/


PUBLICATIONS

Quote:Karakteristik Implementasi Penjaminan Mutu pada Proyek Pengembangan Perangkat Lunak berbasis Open Source dan Proprietary
National Conference on Computer Science and Information Technology VII
2007

SKILLS & EXPERTISE
Code:

Programming ,Linux Operating Systems, Java,HTML
Unix C JavaScript Information Technology Teaching

4.Rusmanto Maryanto
Salah Satu Pendiri (YLPI)
Chairman at Nurul Fikri Integrated School of Technology
homepage : ruslinux
Spoilerfor RUS:


Current :

Nurul Fikri Integrated School of Technology, InfoLINUX Magazine, Indonesian Linux Activator Foundation (YPLI)
Previous :
Nurul Fikri Computer Training Centre, Elektro Indonesia, KPLI Kelompok Pengguna Linux Indonesia
Education :
STIM "Jakarta"

Chairman

Nurul Fikri Integrated School of Technology
September 2012 – Present (5 months)Depok, West Java, Indonesia
Nurul Fikri Integrated School of "Open Source" Technology (STT Terpadu NF) was officially established on August 2012. STT Terpadu NF has been instituting bachelor of engineering on Informatics (Sarjana S1 Teknik Informatika) and bachelor of Information System (Sarjana S1 Sistem Informasi), each of which is to be conducted within 8 semesters consisting of 144 semester credits. ]www.nurulfikri.ac.id


HONORS & AWARDS

IGOS (Indonesia, Go Open Source!) Award
Ministry of Research and Technology, Republic of Indonesia July 2004
- Promoting Free/Open Source Software in education, government, and corporate.
- Supporting the development of BlankOn Linux.

PUBLICATIONS

Menggunakan Linux BlankOn
Dian Rakyat - InfoLINUX, Jakarta
July 23, 2005
How to install, use, and configure BlankOn Linux 1.0 (www.blankonlinux.or.id).


Menggunakan dan Mengembangkan Linux Knoppix
Dian Rakyat - InfoLINUX, Jakarta
May 2, 2005
How to use and modify (remastering) Linux Knoppix.

Edubuntu, Pedoman Praktis Linux untuk Pendidikan
Dian Rakyat - InfoLINUX, Jakarta
September 1, 2006
How to install and use Edubuntu Linux and Free/Open Source Software Applications for Education.

5.BETTI ALISJAHBANA
53 TAHUN ( 2 AGTS 1960 )
PENDIRI QB INTERNATIONAL (2008) DAN CEO IBM INDONESIA (1999-2008)

[lihat.co.id] - Wanita pertama di IBM di kawasan Asia Pacific yang dipercaya untuk memimpin operasi IBM di suatu Negara.

-Pada tahun 2000 mendapat kan penghargaan Counry General Manager Excellence Award atas keberhasilan yang signifikan didalam mencapai pertumbuhan pendapatan, kepuasan pelanggan serta fokus yang tinggi pada peningkatan keahlian SDM. Penghargaan ini diberikan kepada 5 Country General Manager (CGM) dari 150 CGM yang ada di IBM seluruh dunia.

-Penghargaan Lain yang pernah diperoleh antara lain adalah Leadership Honour Roll di tahun 2003 dan Leadership Excellence Award di berbagai tahun.

-Didalam memimpin PT IBM Indonesia, perhatian yang besar dituangkan pada Good Corporate Governance dan Good Corporate Citizen. Dalam kaitan dengan ini sejak tahun 2004 IBM Indonesia mendapatkan Penghargaan Wajib Pajak Patuh tiap tahun.

Sumber : http://www.lihat.co.id/2013/01/5-tokoh-open-source-terkenal-dari.html 

No comments:

Post a Comment